Catatan: Lahirnya Pancasila

Berikut beberapa catatan mengenai lahirnya Pancasila, yang dikumpulkan dari berbagai sumber. Semoga bermanfaat.

  • Di Bawah Rindangnya Pohon Sukun, Lima Butir Pancasila Itu Tercipta....
    Buah pemikiran Soekarno akan Pancasila tidak muncul secara tiba-tiba. Pancasila hadir sebagai hasil dari proses perenungan diri Bung Karno selama empat tahun diasingkan ke Ende, Flores, Nusa Tenggara Timur.
    Kompas.com - 1 Juni 2016

  • Di Bawah Pohon Ini, Bung Karno Rumuskan Pancasila
    Hari Kesaktian Pancasila yang diperingati setiap 1 Oktober memiliki korelasi kuat dengan peristiwa kontemplasi Ir Soekarno (Bung Karno) di sebuah kota kecil di Pulau Flores, tepatnya di Kabupaten Ende, Provinsi Nusa Tenggara Timur.
    NU Online - 1 Oktober 2017

  • Sejarah Soekarno menemukan Pancasila
    Tahun 1934, Bung Karno dengan status tahanan politik. Ia diasingkan oleh pemerintah kolonial. Sedangkan pohon rindang yang agak berjarak dengan rumahnya itu pernah meneduhi sang proklamator saat merenungkan dasar negara kita sekarang.
    rakyatrukun.com - 14 Juni 2019

  • Bung Karno Pada Momen Datangnya Ilham Pancasila
    SELAIN menawarkan 5 prinsip untuk dijadikan dasar negara, dalam pidato 1 Juni 1945 di sidang BPUPKI, Soekarno juga sempat menawarkan penamaan bagi prinsip-prinsip itu.
    media-karya.com - 1 Juni 2018

  • Kala Soekarno, KH Wahid Hasyim, KH Kahar Moezakir, KH Masjkur dan Mohammad Yamin Merumuskan Pancasila
    Akhir Mei 1945. Di rumah Mohammad Yamin, berkumpul tokoh-tokoh Islam anggota BPUPKI (Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia) KH Abdul Wahid Hasyim dan KH Masjkur dari Nahdlatul Ulama, KH Abdoel Kahar Moezakir dari Muhammadiyah, menyusul kemudian Ir Soekarno.
    Mohamad Guntur Romli - 31 Mei 2019

  • Soepomo, Ki Bagoes, Bung Karno: Dasar Negara dan Pancasila
    Pemikiran-pemikiran Prof. Soepomo, Ki Bagoes, Bung Karno dalam Rapat BPUPKI 31 Mei s/d 1 Juni 1945. Gagasan Bung Karno philosophische grondslaag (dasar negara), bukan Ideologi. Dari Ratu adil, hinga lima, tiga, hingga satu sila: gotong royong.
    Republika - 14 Juni 2020

  • Surat wasiat Bung Hatta yang selamatkan Bung Karno soal Pancasila
    Soal upaya menghilangkan kontribusi Bung Karno dalam menggali Pancasila pernah terjadi pada rezim Orde Baru. Pada buku Demi Bangsaku: Pertentangan Bung Karno vs Bung Hatta karya Wawan Tunggul Adam, ternyata Bung Hatta tak terima ada upaya menghapus jejak sejarah Bung Karno yang menemukan Pancasila.
    hops.id - 29 Juni 2020

  • Kontroversi Hari Lahir Pancasila
    Ada yang beranggapan kelahiran Pancasila yang resmi adalah 18 Agustus 1945. Dasarnya adalah rumusan Pancasila yang diutarakan pada 1 Juni berbeda dengan yang diputuskan pada 18 Agustus. Bahkan ada yang beranggapan rumusan 18 Agustus itu pun dilahirkan pada 22 Juni 1945.
    republika.co.id - 22 Juni 2016

  • Pancasila Sebagai Hadiah Terbesar Umat Islam
    Kapan dan bagaimana Pancasila lahir? Pertanyaan itu mengundang berbagai perdebatan bahkan hingga saat ini. Untuk menjawabnya, kita perlu menelaah hari-hari penting pada 1945.
    Republika - 14 Aug 2020
     
  • KH Amilin Abdul Jabbar, Pencetus Lambang Garuda Pancasila?
    Bung Karno kerap meminta wejangan kepada para alim ulama, salah satunya Mama Amilin Abdul Jabbar, termasuk tentang lambang negara dan butir-butir Pancasila. Meski sejarah mencatat, bahwa Sultan Hamid II lah yang menggambar lambang Garuda Pancasila, karena itu masih perlu penelitian lebih mendalam terkait inspirator lambang Garuda Pancasila ini.
    timesindonesia.co.id - 01 Juni 2020