Catatan: Pancasila

Pancasila adalah dasar negara dan ideologi bangsa Indonesia. Nama ini terdiri dari dua kata dari Sanskerta: pañca berarti lima dan sila berarti prinsip atau asas. Pancasila merupakan pedoman dasar bagi kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia.

UMUM

  • Pancasila
    Usulan untuk menjadikan Pancasila sebagai salah satu komponen Konstitusi NKRI; mengokohkan Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi bangsa.

DASAR NEGARA

  • Nilai-Nilai Pancasila dalam Penyelenggaraan Pemerintahan
    Setiap negara mempunyai sistem pemerintahan yang berbeda-beda sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai dan nilai-nilai yang dianut oleh negara tersebut. Sistem pemerintahan juga menjadi ciri khas suatu negara.
  • UU Mesti Konsisten dengan Nilai-Nilai Pancasila
    Prof Dr OK Saidin, SH, M.Hum menilai produk Undang-undang (UU) harus konsisten dengan nilai-nilai kultural masyarakat. Yaitu, nilai-nilai yang disebutkan sebagai nilai-nilai dengan paradigma budaya dan sosial Indonesia yang asli (the original paradigmatic values of Indonesian culture and society) yang terabstraksi dalam Pancasila.

IDIOLOGI BANGSA

  • Butir-butir Pengamalan Pancasila
    Butir-butir Pengamalan Pancasila adalah pedoman praktis bagi pelaksanaan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari bagi warga negara Indonesia, yang dirumuskan oleh MPR. Menurut sejarahnya, terdapat dua versi Butir-butir Pengamalan Pancasila
  • Mengukuhkan Kembali Ideologi Pancasila
    Dewasa ini dasar negara Indonesia, Pancasila kembali mengalami ujian. Indonesia yang dibangun atas dasar niat baik dari anak bangsa untuk saling berbagi dan membangun identitas bersama kini justru dicemari oleh semangat mengedapankan perbedaan.

SEJARAH PANCASILA

  • Pidato Lahirnya Pancasila
    Ini adalah teks pidato Bung Karno pada tanggal 1 Juni 1945 di depan sidang BPUPKI (Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia, Dokuritsu Zyunbi Tyoosakai), berdasarkan catatan stenografi yang disalin dari Wikisource.
  • Kontroversi Hari Lahir Pancasila
    Ada yang beranggapan kelahiran Pancasila yang resmi adalah 18 Agustus 1945. Dasarnya adalah rumusan Pancasila yang diutarakan pada 1 Juni berbeda dengan yang diputuskan pada 18 Agustus. Bahkan ada yang beranggapan rumusan 18 Agustus itu pun dilahirkan pada 22 Juni 1945.
  • Di Bawah Rindangnya Pohon Sukun, Buah Pemikiran Pancasila Itu Lahir
    Di bawah pohon sukun yang menghadap langsung ke Pantai Ende, buah pemikiran Pancasila lahir melalui proses perenungan Bung Karno.

POLEMIK SILA PERTAMA

  • Menafsir Sila Ketuhanan Yang Maha Esa
    Perdebatan mengenai dasar negara sejatinya telah berakhir dengan diterimanya Pancasila oleh kelompok Islam yang pada awalnya menolak kelima prinsip tersebut. Meski dengan berat hati dan adanya intervensi Soekarno saat itu, perlahan penerimaan terhadap Pancasila kian meluas dan mendapat pembelaan dari kelompok Islam itu sendiri.
  • Pancasila dan Agama-Agama
    Saat ini salah satu hal yang menjadi perbincangan hangat adalah Pancasila dan agama-agama di Indonesia, khususnya berkaitan dengan sila pertama dan konsep keesaan Tuhan di masing-masing agama. Pemicunya adalah tanggapan Eggy Sujana dalam sebuah sidang tentang RUU Ormas yang memang menjadi polemik panas di kalangan para aktifis.
  • Menafsir Ulang Pancasila
    Setelah Pancasila disepakati sebagai dasar negara, terhadap upaya yang hendak merubahnya, bahkan ketika ia berasal dari salah satu kelompok Islam, nyatanya tidak didukung begitu saja oleh kelompok Islam lainnya. Padahal, sekiranya kelompok-kelompok Islam kembali bersatu, boleh jadi jumlah mereka sangat banyak.